Rabu, 01 Juli 2015

Mitos Bahaya Rematik Mandi Dimalam Hari





Dokter Sehat – Banyak orang yang bertanya-tanya akan pengaruh mandi di malam hari bagi kesehatan tubuh, apakah baik bila mandi pada malam hari? Atau benarkah mandi dimalam hari dapat menyebabkan penyakit reumatik?
Mandi merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, selain sandang, papan, dan pangan. Kebutuhan mandi pada diri setiap orang juga berbeda-beda tergantung pada aktifitas dan kegiatan yang dilakukan, ada orang yang mandinya teratur (pagi dan sore hari), ada juga yang terpaksa harus mandi pada malam hari karena faktor kesibukan. Kadang muncul kekhawatiran pada diri setiap orang untuk mandi pada malam hari, hal ini dikarenakan adanya stigma di masyarakat yang menyebutkan bahwa kalau mandi di malam hari bisa terkena penyakit reumatik pada masa tuanya.
Stigma yang beredar tersebut salah adanya, karena tidak ada dalam referensi mana pun yang mengatakan bahwa mandi pada malam hari berpengaruh pada kesehatan khususnya penyakit persendian atau reumatik. Secara medis mandi saat malam hari tidak menyebabkan nyeri pada persendian, anggapan tersebut muncul dari pengalaman yang dialami masyarakat dan hanya mitos semata.
Nyeri pada tulang lebih disebabkan oleh gaya hidup seseorang, seperti seberapa sering berolahraga, atau bagaimana ia menggunakan persendiannya tersebut. Tapi memang dengan bertambahnya usia seseorang, terjadi penurunan kepadatan massa tulang. Selain itu, cairan sendi pun mengalami perubahan komposisi sehingga hal tersebut akan menyebabkan keluhan nyeri tulang dan sendi yang biasa disebut reumatik.
Penyakit reumatik sendiri merupakan penyakit yang menyerang persendian dan anggota gerak terutama tulang, sendi, otot, dan tulang belakang yang menimbulkan rasa nyeri dan kaku pada sistem musculoskeletal (sendi, tulang, jaringan ikat, dan otot).

Hal ini disampaikan oleh Prof. dr. Handono Kalim, Sp. PDKR selaku Indonesia Rheumatology Association ( IRA ), kepada Ghiboo. Com
“ Tak ada kaitannya,itu haya mitos. Lebih baik tetap mandi malam dari pada tidak sama sekali ”
Pakar rematik itu sendiri yang bilang, jadi jangan dikambing hitamkan madi malam itu segai penyebab rematik. Kalau memang harus mandi ya mandi saja walaupun sudah malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar